Header Ads

Cara Mengetahui Jenis Golongan Darah Sendiri

cara mengetahui jenis golongan darah sendiri

Anda mungkin perlu mengetahui jenis darah anda untuk alasan medis, untuk mendapatkan visa internasional, atau hanya sekedar mengetahui. Anda bisa menebak jenis darah Anda berdasarkan jenis darah orang tua Anda, tapi untuk benar-benar meyakinkannya Anda harus melakukan tes darah. Jika anda tidak ingin melakukan tes darah, Anda bisa menggunakan alat tes sederhana di rumah anda.

1. Mengetahui Dari Golongan Darah Orang Tua

Jika orang tua kandung anda sudah mengetahui jenis darah mereka, itu bisa digunakan untuk mengetahui golongna darah anda. Namun pada metode ini kita belum bisa mendapatkan hasil akurat, kita akan mendapatkan dua data yang pasti. Untuk mengetahuinya simak daftar berikut ini.
  • Jika golongan darah ayah O dan ibu O, maka golongan darah anda sudah pasti O.
  • Jika golongan darah ayah O dan ibu A, maka golongan darah anda bisa A dan juga O.
  • Jika golongan darah ayah O dan ibu B, maka golongan darah anda bisa B dan juga O.
  • Jika golongan darah ayah O dan ibu AB, maka golongan darah anda bisa A dan juga B.
  • Jika golongan darah ayah A dan ibu A, maka golongan darah anda bisa A dan juga O.
  • Jika golongan darah ayah A dan ibu AB, maka golongan darah anda bisa A, B dan juga AB.
  • Jika golongan darah ayah B dan ibu B, maka golongan darah anda bisa B dan juga O.
  • Jika golongan darah ayah B dan ibu AB, maka golongan darah anda bisa A, B dan juga AB.
  • Jika golongan darah ayah AB dan ibu AB, maka golongan darah anda bisa A, B dan juga AB.
2. Hubungi Dokter Yang Pernah Mengambil Darah Anda

Cara ini bisa dibilang tidak pas, namun bisa dugunakan juga apabila motode lain kalian tidak bisa gunakan. Jika anda pernah berobat dan melakukan pengambilan darah anda, anda bisa menanyakan kepada dokter tersebut tentang golongan darah anda. Namun mereka bisa memberi tahu jika mereka masih menyimpan data checkup anda.


3. Gunakan Alat Pengecek Golongan Darah

Alat ini bernama tes kit yang akan bisa digunakan untuk mengetahui golongan darah anda. Anda bisa membelinya di apotik ataupun klinik dengan harga berkisaran Rp 100.000 - Rp 500.000. Pada metode ini anda diharuskan mengambil sample darah anda, jadi anda harus mengeluarkan darah anda dari tubuh anda. Anda bisa mengambil dengan cara merobek sedikit pada jari anda, namun akan sedikit terasa sakit, cara lainnya adalah anda bisa mengambil darah anda ketika anda sedang terluka yang mengeluarkan darah.

Jadi itu adalah beberapa metode untuk mengecek dan mengetajui jenis golongan darah anda, harap dianjurkan anda datanglah kedokter atau klinik untuk mendapatkan hasil yang akurat dan keamanan bagi tubuh anda.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.