Header Ads

Makanan Yang Diperlukan Seorang Vegetarian Ketika Sedang Hamil



Kita semua tahu, semua makanan sayur sayuran dan buah buahan sangatlah penting, apakah kita sedang hamil atau tidak. Menurut study yang dilakukan oleh Universitas Havard, makanan yang mencakup banyak buah dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker tertentu, masalah mata, dan masalah pencernaan.

Mungkin bukan kabar baru bahwa sayuran itu sehat. Diet vegetarian bisa menjadi titik awal kehamilan yang baik selama memenuhi persyaratan nutrisi tertentu, dan terkadang itu berarti perencanaan yang matang. Mari kita lihat beberapa nutrisi yang harus dikonsumsi ibu vegetarian dalam makanan prenatal mereka.

1. Protein

Daging adalah sumber utama protein makanan untuk orang-orang di seluruh dunia, namun apajadinya jika anda seorang vegetarian, tidak mungkin anda memakan dagin untuk mendapatkan protein. Banyak sumber protein yang kalian bisa dapatkan dari makanan vegetarian jika anda mencari makanan tersebut. Anda bisa memakan kacang kacangan untuk mendapatkan protein selama kehamilan dan pengganti daging yaitu tahu. Selain itu anda juga bisa memakan makanan seperti  telur, susu, keju, dan yogurt juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk seorang vegetarian.

2. Kalsium 

Produk olahan susu adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk vegetarian. Setiap kadar susu sebesar 8 onc mengandung 305 mg kalsium. Jadi 2 gelas susu setiap hari dengan itu anda sudah memenuhi sepertiga dari 1.000 mg kalsium per hari yang direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) untuk wanita hamil berusia di atas 19 tahun. (Rekomendasi Untuk wanita hamil di bawah 19 adalah 1.300 mg.)

Namun jika anda seorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi susu anda mungkin akan mencari makanan lain yang cocok. Ada sumber kalsium selain susu yang bisa anda dapatkan seperti sayuran yang mempunyai daun gelap, kacang kacangan atau biji bijian, namun kandungan kalsium yang terdapat pada makana ini bisa dibilang kecil. Seporsi kangkung hanya mengandung kalsium 101 mg, dan seluruh 100gr kacang almond mengandung 243 mg kalsium. Jadi anda harus memakan 1kg kacang almon untuk mendapatkan 1000 mg kalsium yang dibutuhkan oleh wanita hamil.

3. Vitamin B12

Nutrisi penting lainnya yang sulit didapatkan oleh seorang vegetarian adalah vitamin B12. Nutrisi ini sangat penting dan banyak diabaikan oleh seorang vegetarian. Jika anda sedang mengalami kehamilan dan anda kekurangan vitamin B12 akan berdampak pada janin anda yang bisa berakibat cacat tabung saraf pada bayi.

Jika anda seorang vegetarian yang mengkonsumsi susu ikan, anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari ikan yang mempunyai merkuri rendah seperti ikan salmon. Namun jika anda tidak mengkonsumsi ikan anda bisa mendaptkan vitamin B12 dari suplemen atau pil yang mempunyai kandungan vitamin B12, namun jika anda ingim mengkonsumsi suplemen atau pil sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter agar anda bisa aman.

Jadi itulah sumber nutrisi penting bagi anda yang sedang menjalani kehamilan. Namun yang paling penting adalah dengan bertanya atau berkonsultasi kepada dokter agar dapat memberikan saran saran terbaik untuk anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.